text

Waspadalah sebelum anda memilih pekerjaan, seiring banyaknya info-info penipuan mengatasnamakan lowongan pekerjaan, info lebih lanjut silahkan anda kunjungi BERBAGI PENGALAMAN

Pengalaman di PT. MITRA UTAMA GLOBAL

Pengalaman di PT. MITRA UTAMA GLOBAL Oleh : Risa Yunia Muryanti 


Di blog Risa ini ingin menceritakan sedikit pengalaman saya terkait penipuan berkedok lowongan kerja yang dilakukan oleh PT MITRA UTAMA GLOBAL Bermula dari membaca iklan onlain di salah satu media iklan yang intinya isinya seperti ini :

Lowongan kerja Dibutuhkan segera HRD,Admin, Gudang, Receptionis dll 
Penempatan bandung 
Hubungi pak hilman xxxxx

Karena saya sedang butuh kerjaan Lalu saya mencoba untuk sms ke nomor tersebut dan tidak lama kemudian langsung dibalas. Isinya kira kira begini. Selamat siang, silahkan besok datang ke kantor kami pkl : 08.00-12.00 di jl. Leuwi panjang No.101B, Bandung manemui Bapak Hilman. Dan tidak lama kemudian ada sms lagi yang isinya wajib membawa surat lamaran, cv, ktp, foto 3x4 dan memakai pakaian hitam putih dan wajib memakai sepatu layaknya orang kantoran yang rapih. Kemudian ada sms lagi yang isinya memastikan saya untuk datang pada hari itu dan jika ada sms panggilan yang sama harap jangan di bls. Keesokan harinya saya langsung datang k kantor tsb, dengan anehnya ko banyak banget yang ngelamar kesini, wah kayanya lagi butuh banyak orang deeh. Sesampai di PT MITRA UTAMA GLOBAL saya menunggu tidak terlalu lama dan kemudian dipanggil oleh mas mas (saya gak tau namanya) dan dipertemukan dengan mas mas juga (Ferdy namanya). Sewaktu saya bertanya ”kok bukan bapak hilman?” mas itu Cuma tersenyum dan menjawab ”pak hilman sedang keluar kantor karena ada meeting, saya orang yang ditunjuk oleh bapak hilman untuk menggantikan menginterview anda”. Okelah penjelasan yang cukup masuk akal menurut saya dan interview pun dilakukan Dari sini mulai tercium KEBUSUKAN PT MITRA UTAMA GLOBAL. Si mas mas tadi menjelaskan company profill perusahaan, NPWP,SIUP, pokoknya komplit deh. Sampai dijelaskan juga bahwa PT MITRA UTAMA GLOBAL bukan perusahaan yang biasa karena sudah mendapat banyak penghargaan dan sudah berkembang selama 10 tahun. Interview sendiri berlangsung lebih mirip presentasi. Karena mas itu tak henti hentinya memaparkan company profil beserta keunggulan2nya tanpa member saya celah untuk bertanya, seteah dia selesai menjelaskan barulah saya diberi kesempatan untuk bertanya. Dan di akhir presentasi itu, mas tersebut berkata begini “di PT MITRA UTAMA GLOBAL cabang Bandung tidak dilakukan tes tulis,psikotes. tetapi digantikan dengan pelatihan kerja selama 1 hari kurang lebih 4 jam lamanya dengan biaya Rp 2.650.000,-, loh saya kan mau kerja ko malah disuruh bayar ? dia langsung menjawab tenang saja uang segini tidak dibayar sepenuhnya oleh anda karena 80% nya d bayar oleh perusahaan jadi anda tinggal membayar yg 20% nya saja sebesar Rp. 650.000,- saya mengangguk iyah iyah saja karena saya belum sempat menghitung sendiri berapa saya harus membayar. Dia menempatkan saya dibagian staff administrasi yang tugasnya hanya control data, absensi, dan follow up data dengan di iming-imingi penghasilan 1,8-3,5. Wah siapa yang tidak tergiur tugas yang tidak berat bisa menghasilkan uang sebanyak itu. Karena saya tidak membawa uang sebanyak itu saya pun berkata “maaf pak saya tidak bawa uang sama sekali. Boleh saya pulang sekarang dulu?” dan mas itu berkata “oke,kalo tidak bawa uang silahkan bayar seadanya saja agar posisi anda tidak tergeser dengan kandidat lainnya”. “sungguh pak saya ga bawa uang sama sekali karena saya kan baru lulus sekolah. Nih Cuma 5 ribu”. Tetapi mas itu ngotot berkata “kalo gt kesini sama siapa ?” aku jawab “sama saudara” tetapi ma situ ngotot supaya saudaranya di ajak masuk juga nnt kami jelaskan” . okelah saya kebawah dulu dan menjelaskan semuanya seolah-olah saya ingin bekerja di situ. Dan detelah transaksi uang untuk membayar uang muka saya putuskan untuk membayar 20ribu dulu, seharusnya 120ribu. yang pertama difikiran saya adalah “wah enak banget kerjanya cuma kaya gitu tapi gajih nya bisa dapet banyak, klo saya mengeluarkan uang 650rb saja dari gajih pertama saja sudah kebayar lagi.” Sesampai di rumah, saya di sms lagi untuk menanyakan kapan akan dilunasi. karena saya penasaran sekali, akhirnya saya putuskan meminjam uang kepada nenek saya untuk melunasi pendaftaran di PT MITRA UTAMA GLOBAL. Dan inilah waktu yang ditunggu yaitu training. Di training ini hanya dibahas company profil dan bagaimana cara mendapatkan uang di PT MITRA UTAMA GLOBAL yang mereka sebut PENGHASILAN dan bukan GAJI POKOK. Disinilah muncul kecurigaan, Ibu motivator itu terus membahas tentang jenjang karir dan keunggulan perusahaan ini. salah satu teman saya bertanya “bu, katanya perusahaan ini bergerak di bidang general trading, supplier dan recruitmen, tapi ibu dari tadi tidak membahas perdagangan apa yang sebenarnya d perdagangkan disini, karena yg saya lihat d kantor tidak ada aktifitas lain selain recruitmen.” Ibu itu menjawab “sebetulnya segala aktifitas berpusat di Jakarta, jadi di cabang-cabang yang di seluruh Pulau Jawa hanya berfokus d recruitmen karena akan membuka 93 cabang d seluruh Pulau Indonesia.” Dan keesokan harinya, saya beserta rekan-rekan yang juga masih baru, akhirnya mulai bekerja di PT MITRA UTAMA GLOBAL. 5 hari saya habiskan untuk mempelajari bagaimana sistem di PT MITRA UTAMA GLOBAL dan selama 5 hari itu saya hanya melihat aktifitas pengrecruitan saja. Saya semakin penasaran dan sering bertanya kepada pihak-pihak management untuk mencuri ilmunya. Ketika saya bertanya “sampai kapan pak recruitmen ini berjalan ?” dengan santai bapaknya menjawab “sampai orang bosan untuk membuat orang” WOW amazing banget jawabannya. Trus saya bertanya “mengapa tidak boleh dicantumkan nama perusahaan di iklan ?” jawaabannya adalah “karena 90% orang sudah mengetahui perusahaan ini system kerjanya bagaimana dan mungkin hanya tinggal 10% lagi yang belum mengetahui.” Saya dapat bocoran kunci jawaban PT ini ada di Gattering yang akan dilakukan di daerah Lembang.


DAN INILAH FAKTANYA :

1. DI PT MITRA UTAMA GLOBAL SAMA SEKALI TIDAK ADA PEKERJAAN SESUAI PERKIRAAN SAYA. TUGAS SAYA HANYA MENYEBAR IKLAN DAN MENGINTERVIEW (APABILA ADA YANG MENGHUBUNGI SAYA). APABILA SAYA BERHASIL MEMBUAT ORANG TERSEBUT BERGABUNG DAN MENYERRAHKAN UANG RP 650.000,- MAKA SAYA DAPAT KOMISI 150 RIBU SEDANGKAN SISANYA UNTUK PT MITRA UTAMA GLOBAL

2. PT MITRA UTAMA GLOBAL HANYA MENGGUNAKAN KEDOK “LOWONGAN KERJA” PADAHAL MEREKA MEMASARKAN PRODUK JELEKNYA PADA “SANG PENCARI KERJA” DENGAN UANG 650.000 RINCIANYYA ADALAH SEBAGAI BERIKUT RP 15.000,- UNTUK MATERAI RP 150.000,- RIBU UNTUK KOMISI HRD YANG MENGINTERVIEW RP 500.000,- RIBU UNTUK KANTOR

3. PT MITRA UTAMA GLOBAL TIDAK MEMASANG IDENTITAS (PLANG) DI DEPAN KANTOR, TETAPI DISIMPAN DI SEBELAH KIRI TEMBOK KANTOR.

4. PT MITRA UTAMA GLOBAL TIDAK MENCANTUMKAN NAMA KANTOR DI IKLAN MAUPUN DI SURAT KABAR, IKLAN ONLAIN ATAU SOCIAL MEDIA LAINNYA.


Jadi dengan media blog ini mbak rina tidak bermaksud MENJELEK JELEKKAN PT MITRA UTAMA GLOBAL. Toh untuk apa lagi menjelek jelekkan perusahaan yang udah jelek? Dengan blog rina ini bermaksud mencurahkan isi hati mbak rina agar tidak ada lagi korban seperti dia dan semoga pihak MITRA UTAMA GLOBAL mendapatkan hidayah dan bertobat. Sadarlah uang yang anda makan adalah uang haram dan wajib di pertanggungjawabkan di akhirat !!! INGATLAH ANAK ISTRI ANDA JIKA MEMAKAN DARI UANG SEPERTI ITU !

refrensi blog : (http://risayuniamuryanti.blogspot.com/2012/08/pengalaman-di-pt-mitra-utama-global.html)
Comments
22 Comments

22 comments:

  1. sip mbak, di malang ada, ya di suruh bayar 600 ribu, saya sudah curiga dari awal... Thank's infonya

    ReplyDelete
  2. Anonymous27/7/13 00:24

    Hari ini saya tertipu.. saya tau bukan saya saja yang tertipu, dilihat dari perkembangannya perusahaan penipu ini sudah bergeak lama, dalam arti sudah banyak yang tertipu. Ada yang ingin melaporkan kasus ini pada yg berwajib jika anda ingin, bisa bekerja sama dengan saya agar dapat mempermudah proses hukum.

    Sampai kapan mereka akan stop kalo gak ada yang bertindak sama sekali.

    ReplyDelete
  3. Anonymous24/8/13 02:07

    alhamdulillah aq tdk jdi trtipu di PT mitra utama global, saat aq dsruh dtng untk wwancara, sblum aq msuk kekntornya aq mliht bntuk kntornya dlu agak kurng menyakinkan sih pkir q, tapi aq msih pensaran, beberpa saat ad orng yg kluar dari knt0r itu, dy adlh orng yg hbz wwncra dri PT tsb, lalu aq tnya jwb dengn dy ktnya klau mw bkrja dsitu dan mndptkn psisi hrz byr dg sjmlh uang 550rb, nah dsnilah kcurigaan q, cuma jdi admin byr sgitu, ini pzti pnipuan, lalu aq cpat2 prgi dari tmpt tsb & slmat dri penipu., :)

    ReplyDelete
  4. Trims.
    Untung saja Tuhan ku memberi petnjuk lwt blog ini, hmpir saja sya mau nglamar tp stlah mmbca sya brubh pkiran. Smga anda mndpat pahala.

    ReplyDelete
  5. Anonymous5/9/13 21:42

    Sayapun tertipu. Untung saya tidak memberikan atau mengiyakan untuk melakukam DP.

    ReplyDelete
  6. Anonymous12/9/13 13:56

    para mitra yang sudah merasa tertipu oleh , PT. MITRA UTAMA GLOBAL atau PT Sejenis dan sebangsanya,, gue udah pelajari system perusahaan ini ,,, dan gue juga menganalisa perusahaan ini ,, kalian merasa sakit hati dan ingin membalasnya dengan menutup PT. ini??? oke ,, gue punya caranya,, tapi gue butuh bantuan rekan-rekan dan mitra-mitra yang sudah pernah mengikuti training dan pelatihannya ,, sebab cara ini membutuhkan kerjasama dari kalian ,,,
    kalian pasti masih ingat apa yang mereka katakan pada saat training?? mereka menjelaskan keunggulan perusahaan, dan merasa system mereka sudah terkonsep seakan udah sempurna tanpa celah ,, tapi mereka lupa tidak ada system yang benar-benar tertutup ,,, sekalipun system itu hanya menyediakan satu pintu yang berfungsi keluar-masuk ,,, lalu bagaimana caranya?? kalo kita tidak bisa menuntut dan menutup PT. MUG , maka kita singkirkan mereka/orang-orang dalam di PT. MUG tersebut ,, ingat kita yang sudah melunasi dan mengikuti training adalah mitra kerja dan setiap mitra memiliki hak yang sama ,, karena itu kita manfaatkan hak kita sebagai mitra untuk menyingkirkan orang-orang dalam di PT. MUG itu ,, kemudian setelah kita menjadi orang dalam dan berada di dalamnya ,, maka kita tutup system itu dari dalam maka, selesailah PT. MUG itu untuk beroperasi,
    adapun bukti penipuan PT. MUG adalah sertifikat yang dibuatnya ,, coba kalian lihat bagi yang telah mengikuti training sertifikat itu "IZIN DINAS TENAGA KERJA dan TRANSMIGRASI PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA Nomor : 2750/2013" itu PALSU ,, kenapa aku katakan palsu?? karena setelah aku selidiki mereka tidak punya tim IT bahkan komputer untuk fasilitas kantor aja tidak punya, yang ada cuma laptop perorangan pribadi itupun cuma buat gaya-gayaan do'ang dan mereka tidak memiliki orang yang bertugas mengentry data tersebut ke dalam DATABASE KOMPUTER,,,
    seandainya para MITRA yang telah melunasi dan yang telah mengikuti training mau untuk sekitar 2 minggu untuk bertahan dan tetap melakukan aktivitas di kantor aja ,, maka kantor itu akan rapuh dengan sendirinya ,,, bayangkan jika suatu kantor di isi oleh petugas PENYELEKSI DATA lebih dari 100 orang?? apa jadinya??? dan ingat apa jadinya jika 100 orang ini berada dikantor??? kalian bisa mengacaukan system tersebut ,, jika kalian menjadi PENYELEKSI bikin orang yang diseleksi tidak mau ikut bergabung ,,,
    setelah aku selidiki ada blog-blog tertentu yang mengatakan PT. MUG adalah penipuan ,, tapi sebenarnya pembuat blog itu adalah orang dalam PT. MUG ,, mereka adalah orang-orang yang takut tersingkir oleh orang baru ,, atau untuk mengamankan system mereka maka diseleksi orang-orang yang setengah tanggung dan bermental lemah di buat down mentalnya sehingga ,,, kalian tidak punya kesempatan untuk menggeser mereka dan mengacaukan system kerja mereka ,,
    artinya untuk menutup PT. MUG ini kita harus menutup systemnya dari dalam ,, dengan kata lain harus ada beberapa dari rekan-rekan mitra sekalian yang mau bersedia untuk menjadi orang dalam ,, setelah itu kita tutup system tersebut atau kita kacaukan system kerjanya

    bagi yang mau berminat dengan ide gue ini , segera hubungi gue di no. 081213943631 ,, sms gue ,, entar kita tentukan waktu kopdarnya untuk menyusun rencana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous9/10/13 03:16

      Semua ide yg anda ceritakan itu kelihatannya bagus, menurut saya anda hrs mempunyai alat bukti dan lapor saja ke kantor polisi, ada kok UU Pidana penipuaan, jgn main hakim sendiri,biar aparat yg bertindak. Sekian,wasallam.

      Delete
  7. wah ternyata saya baru aja ketipu,untung baru cuma dp 25rb aja . Sekarang udah berani iklan di tv (TATV) dari yang saya tau . Trimakasih banyak atas infonya

    ReplyDelete
  8. Saya sudah tertipu 200rb.....gimana caranya biar uang saya bisa krembali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Santet ajh udah orng bgtu sh,gw jg baru ketipu nh 150 ribu...
      PT abal" itu,kantor ko pake kipas angin mana panas lgi...
      Nyesel gw,untung ajh gw ga bayar smua...
      Klo ketemu di jln gw gebukin tuh orng,,,

      Delete
  9. saya dulu ketipu..
    Pengalaman yg menyakitkan..

    ReplyDelete
  10. unt
    ung ak belum jdi datang.

    ReplyDelete
  11. Anonymous2/11/13 06:19

    aku sudah masuk uang 550 ribu juga udah dapat sertifikat nya..tp aku gak mau kerja dr uang penipuan ,gmana biar uang q kembali

    ReplyDelete
  12. Dasar pt.SETAN
    kabogoh aing katipu. Klo ketemu ga bakalan aku kasih ampun.

    ReplyDelete
  13. Wah dulu sempet hampir ketipu nih gue pas jaman2 pertama kali ngelamar kerja. Dari awal emng udah gak meyakinkan bentuk kantornya. Alhasil sblm masuk tanya2 dulu sama orang sekitar dan finally ada orang yg ngasih tau kalo itu perusahaan gak bener langsung aj gw batalin interviewnya.
    Gila pas udah sampe rumah masih aja ini kantor sms dan nelponin mulu, gw bilang aja gak jadi ngelamar ada urusan mendadak.

    ReplyDelete
  14. Anonymous5/1/14 08:43

    Saya juga sudah tertipu 650rb. Kamis tanggal 9 januari 2014 bsk saya seminar untuk dpt sertificate. Saya tdk jadi dtng k seminar bsk.
    memang susah sepertinya jika uang ingin kembali..
    Pengalaman yang menyakitkan..

    ReplyDelete
  15. Anonymous3/2/14 22:36

    Iya Abner bgt...JD mug thu perusahan yg kerja.a cm rekruit j...g da gaji...JD sistim.a gni...kita kerja.a d sruh cari orang Bt d recruit..cra.a dr iklan Koran ato internet..seperti kta mb risma td yg mengaku bpk hilman berkta jgn d hiraukan klo da sms dr orang Lain..karena mereka bersaing untuk dpet mangsa.Dan nma hilman kemungkinan thu nma Palsu..mereka Pake nma palsu..Dan trick.a emng gtu..mav bpak hilman tdak d tempat Dan saya yg menggantikan beliau..mentor.a emng ngajarin gtu.Dan penghasilan thu sistim.a gni orang yg kita recruit thu bayar berapa?waktu interview pertama...smakin bnyak ngasih dp..duit yg d dpet mkin
    banyak..sekitar 20% Dr dp.mk.a yg interview past I ngotot mnta d
    DP.in..palagi yg bayar Luna's..klo g
    slah 50% bagian yg d dpat Dr
    650rb.nah mk.a kerjaan d stu CMA
    recruit j..g recruit g dpet duit.saking g da jaminan apa2 Dr perusahan thu sampai2 2 orang mentor & 1 pembina resign.

    ReplyDelete
  16. Saya baru tau pt tu abal2 setelah saya tertipu kemaren. Da gtu dp nya min. 50rb.
    Setelah saya baca di blog sebelah pt. Mitra utama mempunyai banyak nama. Aq kmrn ketipu pt tu yg di gayung sari sby. Ati2 buat yg laen. Di sby ma sidoarjo banyak cabangnya

    ReplyDelete
  17. Anonymous15/3/16 02:10

    kenapa tidak dilaporkan ke polisi,,ini kasus penipuan,,agar tidak ada korban lainnya

    ReplyDelete
  18. Kepada Yth,
    To : PERUSAHAAN BUMN
    & SWASTA NASIONAL.
    Di Tempat.

    Up/attn : Pimpinan Perusahaan, HRD & Finance Manager , Accounting
    Perihal : Surat Perkenalan & Kerjasama
    Terlampir : 1 Perincian Penerbitan Bank Garansi & Surety Bond

    Dengan Hormat,
    Salam hangat dari PT. JASA MULYA ABADI (Consultan Bank Garansi Dan Asuransi)
    Perkenankan kami untuk memperkenalkan perusahaan kami, PT. JASA MULYA ABADI .
    Dimana kami telah di back up beberapa perusahaan Asuransi Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN serta Perusahaan kami telah ditunjuk untuk memasarkan bank garansi yang terbitkan oleh Bank diantaranya:BANK BNI , BRI , BCA , BII , EXIM , DKI , BTN , SINARMAS , MUTIARA , AGRA , KALTIM , SUMSEL , BUMIPUTERA , serta bank dan Asuransi Penerbit lainnya.Pada kesempatan ini kami menawarkan kerjasama dibidang penerbitan bank Garansi / Surety bond,dimana didalam penerbitannya kami memberikan prosedur relatif mudah yaitu : NON COLLATERAL (Tanpa Agunan), Serta Jaminan polis siap kami antar.

    Jasa General Insurance Bank Garansi Dan Asuransi Yang Kami Tawarkan Diantaranya :

    Ø JAMINAN PENAWARAN (Bid Bond)
    Ø JAMINAN PELAKSANAAN (Performance Bond)
    Ø JAMINAN UANG MUKA (Advance Payment Bond)
    Ø JAMINAN PEMELIHARAAN (Maintenance Bond)

    1.Contractor all risk (CAR)
    2.Conprenshive general liability ( CGL)
    3.Workman compensation liability (WCL)
    4.Automobile liability (AL)
    5.Custom bond
    6.Property all risk (PAR)
    7.Erection all risk ( EAR)
    8.Marine hull insurance (MH)
    9.Cargo
    10`. Sp2d Akhir Tahun ( Surat Perintah Pencairan Dana )

    Besar harapan kami kiranya perusahaan kami diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan bapak/ibu kelola terutama dalam hal perlindungan terhadap resiko (Wan Prestasi) baik itu proyek yang sedang berjalan / akan dilaksanakan maupun proyek yang sudah berjalan kami memberikan prosedur yang relative mudah yaitu proses cepat serta jaminan polis siap di antar.
    Demikianlah penawaran dari kami, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang,atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

    salam .

    KHAIDIR MUIS
    Div.Marketing
    PT. JASA MULYA ABADI
    (Insurance – Bank Guarantee & Surety Bond)
    Jl. Harapan Mulya IV No. 38, Kemayoran - Jakarta Pusat
    Telp : 021-4260719 (Hunting)
    Fax : 021-4252048
    Email : khaidirmuis.jma@gmail.com
    Mobile : 081367312690
    Kita juga bisa bantu untuk jaminan akhir tahun SP2D

    ReplyDelete
  19. Bayar training setelah gajian aja

    ReplyDelete